Daging Balado

IMG_20150930_062735_HDR

Daging Balado

Daging Balado adalah salah satu masakan kesukaan suami saya, setiap ada daging di rumah kalau ditanya mau dimasakin apa pasti jawabannya Daging Balado, pada bulan ramadhan tidak ada masakan yang paling cocok dilidah Beliau untuk bersantap sahur selain Daging balado, jadi jangan heran bila teman – teman berkunjung kerumah saya di bulan Ramadhan menu wajib setiap harinya adalah Daging Balado, saya sendiri sempat heran apa ngga bosan makan Daging Balado setiap hari ? kalau ditanya langsung ke orangnya, maka Beliau akan menggeleng dengan cepat 🙂 untuk menyiasatinya,  buah dan sayur bening tidak boleh lupa, bisa – bisa kena panas dalam setiap hari makan Daging Balado pada bulan puasa.

Ada untungnya juga Beliau memilih Daging Balado untuk menu wajibnya, karena Daging Balado ini sangat awet teman – teman, saya hanya perlu memasaknya  dalam jumlah yang banyak 1 kali dalam seminggu. Setelah masak, tinggal masukin dalam kulkas dan dipanaskan seperlunya bila ingin disantap. Untuk ladonya sendiri, hanya terdiri dari bawang merah dan cabe, jadi ngga bakalan basi, apalagi kalau disimpan di kulkas, saya pernah mendiamkannya disuhu ruangan selama 4 hari, bau dan rasanya tidak berubah tapi dengan catatan ladonya harus betul – betul dimasak sampai matang dan mengeluarkan minyak.

Kalau teman – teman makan siang dirumah makan padang, menu Daging Balado ini juga merupakan menu wajib rumah makan padang, selain dendeng balado dan Ayam pop tentunya. perpaduan rasa antara aneka gulai besantan yang kaya bumbu dan gurih pedasnyanya daging balado membuat mulut ga bisa berhenti bekerja 🙂

Menu ini juga sangat cocok bila dihidangkan di acara hajatan atau arisan, karena kita bisa menyiapkannnya jauh – jauh hari sebelum acara, Insya Allah ngga akan basi kalau proses memasaknya dilakukan dengan benar, yaitu dengan meng – ungkep daging dalam belanga tanah liat selama 1 jam ( waktu tergantung banyaknya daging ) sampai empuk menggunakan api kecil. Dan ladonya juga dimasak dengan api kecil.

Oke berikut resep Daging Balado istimewa :

1 kg Daging Sapi tanpa lemak

Garam secukupnya

Air secukupnya

200 ml Cuka kampung  (  terbuat dari air pohon ijuk atau nira banyak dijual dipasar tradisional yang diisi dalam botol air mineral, biasanya berwarna putih seperti sirup leci )

½ kg bawang merah iris tipis

½ kg cabe merah

1 buah jeruk nipis

Minyak untuk menggoreng dan menumis secukupnya

Caranya :

Cuci bersih daging yang ingin dimasak jangan dipotong – potong, tempatkan dibelanga tanah liat, baluri dengan garam dan tuangkan cuka kampung kemudian beri air sampai dagingnya terendam sempurna, lalu masak dengan api keci, jangan lupa belanganya ditutup rapat.

Sambil menunggu dagingnya empuk, ulek kasar cabe merah, ( berhubung saya malas ngulek, saya biasanya  menggunakan blender sebentar saja, agar tekstur cabenya tidak terlalu halus ). tumis bawang merah yang telah diiris tadi dengan minyak yang agak banyak, setelah harum dan bawangnya agak kecoklatan tuangkan cabe yang telah diblender atau dulek kasar. Peras jeruk nipis berikan sedikit garam aduk rata dan masak dengan api kecil, sambil sesekali diaduk agar tidak gosong dibagian bawahnya. Bila sudah matang sempurna matikan api

Cek daging ungkep, apabila air telah menyusut habis, tes tusuk dengan garpu untuk memastikan dagingnya sudah empuk. Angkat dagingnya biarkan dingin. Setelah dingin atau sudah bisa dipegang iris tipis semua daging, kemudian pukul – pukul  dengan lembut setiap potongnya agar dagingnya lebih empuk,  setelah proses ini selesai , goreng sebentar daging sampai berwarna coklat, proses menggorengnya jangan terlalu lama, karena bisa menbuat daging alot nantinya.

Setelah daging digoreng  semua tuang kedalam kuali tempat lado tadi, campur rata lado dan dagingnya, masak lagi sebentar agar rasanya menyatu, koreksi rasa dan selesai. Cobain dech, Daging Balado ini rasanya istimewa…. 🙂 bagi yang suka ladonya agak sedikit manis boleh ditambahkan gula sedikit, berhubung Pak suami salero pedas maka beliau kurang suka masakan yang bernuansa manis. Jadi untuk beliau saya sediakan versi originalnya.

 

IMG_20151004_075436

IMG_20151004_075400 belanga tanah liat

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *