Tips Memasak Nasi Goreng yang Enak

IMG_20150920_194507

Nasi Goreng

Minggu kemarin kami makan malam di sebuah warung kopi, seperti biasa si kecil kalau ditanya mau makan apa? Pasti jawabannya adalah nasi goreng, walaupun di lidah saya rasa nasi gorengnya kurang nendang dan yang terasa hanya rasa kecap tapi syukurnya dia makan dengan lahap, mungkin karena sudah lapar, sebenarnya membuat nasi goreng yang sedap mudah saja ya teman – teman, ada berbagai resep nasi goreng di internet, tapi ada yang perlu diperhatikan dalam membuat nasi goreng, berikut Tips Memasak Nasi Goreng yang Enak :

  1. Nasi yang dipakai harus pulen tapi pera alias tidak menggumpal, biasanya kalau penjual nasi goreng berasnya diaron dulu baru dikukus sampai tanak, nah, kalau kita masak nasinya pakai rice cooker cukup kurangi air sedikit dari pada biasanya, sedikit saja ya teman – teman nanti kalau kebanyakan malah ngga tanak nasinya.
  2. Bumbu nasi gorengnya harus betul- betul matang sempurna, jangan sampai masih tercium masih ada aroma langu atau mentah dari bumbunya, biasanya saya menumis bumbunya pakai api kecil sambil sesekali diaduk, sampai bumbu yang ditumis harum dan mengeluarkan minyak.
  3. Kuali atau wajan yang digunakan tidak boleh yang tipis dan kekecilan, kalau boleh saya sarankan kuali besi yang agak tebal, agar panasnya merata dan dasarnya tidak mudah gosong, lebih mudah mengaduk nasi goreng di kuali yang agak besar tentunya agar bumbunya merata sempurna.
  4. Perhatikan juga lauk pendampingnya, bila nasi goreng yang kita buat adalah nasi goreng seafood, bumbunya bisa lebih berani karena seafoodnya hambar, tapi kalau lauk pendampingnya sudah sangat kaya bumbu seperti bistik atau rendang maka nasi gorengnya tidak perlu terlalu kentara bumbunya.

Berikut bumbu nasi goreng warna merah dasar :

Cabe merah

Bawang merah

Kemiri

Daun bawang

(semua bumbu digiling /blender halus kecuali daun bawang)

Kecap manis atau asin ( optional )

Bumbu nasi goreng warna putih dasar :

Cabe hijau

Bawang putih

Bawang merah

( semua bumbu dirajang halus )

Untuk  variasinya :

Ebi

Terasi

Ayam

Daging

Sosis/bakso

Bubuk masala

Cumi – cumi

udang

dll

untuk nasi goreng sea food, saya biasanya tidak akan mencampur udang atau cumi ke bumbunya langsung, karena kalau kelamaan dimasak udang atau cumi teksturnya akan berubah menjadi keras, untuk mendapatkan kaldu gurihnya saya akan merebus udang dan cumi terpisah terlebih dahulu, proses merebusnya dengan air sedikit dan dengan waktu yang cepat, lalu cumi atau udangnya saya sisihkan dan air sisa rebusannya saya masukkan ke bumbu nasi goreng yang saya tumis tadi, setelah nasi gorengnya hampir matang, baru kemudian udang atau cuminya saya masukkan kembali.

demikian tips – tipsnya ya teman – teman, semoga bermamfaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *