Resep Sup Tulang Lezat Rahasia Keluarga

Hari raya Idul AIMG_20150928_122522_HDRdha identik dengan daging kurban ya teman – teman ?, dilingkungan kami tinggal semua rumah dapat daging kurban, isi satu paket daging kurban berupa daging, tulang, tetelan, hati atau paru, komplit deh, karena sehari sebelum idul adha saya masak lontong sayur yang pendampingnya adalah daging rendang, jadi paket kurban hanya saya potong- potong, cuci bersih dan langsung simpan difreezer.

Kalau Daging disimpan lama di freezer ngga masalah, tapi lain halnya dengan tulang- tulang sapi, kalau terlalu lama disimpan di freezer bisa hilang manisnya, jadi ,kemarin saya putuskan untuk mengolah si tulang – tulang sapi tersebut menjadi sup tulang yang lezat, ditambah lagi dengan cuaca yang mendukung, Banda Aceh sudah  dua hari terakhir ini hujan terus, dan saya yang sedang terserang flu sejak kemarin kepingin  masakan yang berkuah, maka sup tulang dengan kaldunya yang gurih adalah pilihan yang tepat.

Oke teman – teman yang budiman, berikut Resep Sup Tulang Lezat Rahasia Keluarga saya :

700 gr tulang sapi ( tapi yang masih ada dagingnya ya? 🙂  )

2 buah wortel, potong potong

2 buah kentang, masing – masing belah menjadi 6 bagian

1 buah tomat potong – potong

2 siung bawang putih

2 lembar daun salam

3 batang daun bawang , potong kecil – kecil

2 batang daun seledri, potong kecil – kecil

2 buah kapulaga

2 buah cengkeh

1 ruas jari kayu manis

1 buah  bunga pekak

1 buah bawang bombai ( iris – iris )

10 buah cabe rawit potong kecil – kecil

Garam secukupnya

Minyak untuk menumis secukupnya.

Bawang goreng untuk taburan secukupnya

Bumbu halus:

5
siung Bawang merah

3 siung bawang putih

1 sdt Merica

½ sdt pala bubuk

Caranya  :

Rebus tulang selama 10 menit, kemudian buang air rebusan tersebut, lalu masukkan tulang sapi kedalam panci presto, masukkan air sampai tulang terendam semua, masukkan garam secukupnya, masukkan 2  siung bawang putih  cukup digeprek saja dan  2 lembar daun salam. Tutup rapat panci presto rebus selama 30 menit terhitung dari panci presto tersebut mengeluarkan bunyi berdesis.

Sambil menunggu tulang empuk, mari kita siapkan bumbunya, tumis bawang bombai sampai transparan, lalu masukkan bumbu halus, kapulaga, cengkeh, kayu manis, bunga pekak, tumis sampai betul – betul matang dengan api kecil agar bumbunya tidak berbau langu.

Di panci terpisah rebus air sampai mendidih, masukkan wortel dan kentang, masak sebentar hingga matang, tes tusuk untuk mengetahui kentang sudah matang atau belum. Tiriskan segera setelah kentang dan wortel matang.

Setelah 30 menit, matikan api, biarkan uap panas keluar dulu semua. Hati – hati sekali ya teman teman, jangan sampai membuka tutupnya sebelum panci presto berhenti berbunyi, kalaupun sudah berhenti, usahakan tangan dan muka tidak terkena uap panas saat membuka tutupnya, karena bisa menyebabkan luka bakar serius.

Hidupkan kembali kompor masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi, tambah air sedikit, setelah mendidih masukkan kentang dan wortel yang sudah direbus beserta daun bawang dan cabe rawit, tunggu sampai mendidih kembali, koreksi rasa,  lalu matikan api kompor, selagi panas tuang kedalam mangkuk saji, masukkan tomat, taburkan daun seledri dan bawang goreng. Mmmm….. lezaaaaat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *